BERITA  

Oknum K-UPTD SDN Talang Jembatan”Pungutan Uang Mengatasnamakan Komite Sekolah

Berita Opini : Caption Penyerahan Uang Dengan Komite Sekolah " Enam Bulan Tampa Kejelasan

Lampung Utara || Satuan Pendidikan Dasar UPTD SD – N Talang Jembatan Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara, sekira pada akhir tahun 2022 , terindikasi melakukan pungutan uang , kepada orang tua / wali murid mengatasnamakan Komite Sekolah.

Berdasarkan informasi tersebut Sekretaris Komite Sekolah Toni di SDN setempat,pada saat dikonfirmasi oleh Redaksi Fajar Fokus Informasi, ia-red membenarkan,bahasanya oknum Kepala UPTD SD-N insial SL.

“Melakukan pungutan uang dengan orang tua/wali murid tampa melalui musyawarah bersama Komite. ” Kami sudah ini peralat sama SL, ungkap Toni,di dalam sambungan telepon genggamnya ,Sabtu , 15 April 2023.

Selanjutnya Toni mengatakan dalam proses penarikan uang yang dilakukan oleh oknum Kepala Sekolah itu , sudah berjalan hampir enam bulan ini,tampa ada penjelasan.

BACA JUGA:  Carut Marut Perpanjangan " HGU " PT KAP : Lembaga Masyarakat Adat " Genom Ragom " Kecewa

Setiap kali kami pertanyakan tunggu,sabar, bahkan dia-red SL mengakui uang tersebut terpakai oleh ia-red oknum,membayar uang kuliah anaknya,” beber Toni.

Maka atas desakan dan permintaan orang tua / wali murid , kami pertanyakan uang tersebut berkali-kali kepada oknum Kepala UPTD SDN setempat.

Barulah beberapa beberapa bulan ini ,uang di maksud diserahkan SL oknum Kepala UPTD SDN Talang Jembatan, kepada kami Komite ,” ujar Toni.

Kemudian Toni menjelaskan besaran uang yang di serahkan oknum Kepala Sekolah SDN Talang Jembatan sebesar Rp 8.000,-(
delapan juta rupiah ).Untuk saat ini , uang tersebut sudah berada di tangan bendahara Komite Sekolah.

BACA JUGA:  SKB Tatatertib Angkutan Batu Bara Diterima Bupati " GAM Dorong FORKOPIMDA Agar Tetap Solid

Toni menambahkan terkait indikasi dugaan dugaan lain SL oknum Kepala UPTD SDN Talang Jembatan itu.

“Terindikasi mark-up pengunaan realisasi dana BOS di tahun anggaran 2022 – 2023 , dan ini perlu rasanya untuk dapat dilakukan penelisikan lebih lanjut oleh pihak – pihak yang berwenang ,” tandas Toni.

Berdasarkan regulasi dan peraturan satuan pendidikan dasar telah di larang melakukan pungutan uang sumbangan dalam bentuk apapun di sebutkan dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2012 Tentang Pungutan /Sumbangan Biaya Pendidikan Pasal 9 Ayat 1.

Demikian pula tentang hal tugas pokok dan fungsi Komite Sekolah dilarang melakukan pungutan uang berdasarkan ketetapan dari jumlah nominal.

Larangan tersebut di dalam Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 . Sangat jelas bahwa Komite Sekolah,tidak boleh mengambil dan melakukan pungutan pada murid, orang tua dan/atau wali murid.

BACA JUGA:  Dandim 0412 Gelar Coffee Morning Bersama Insan Pers

Sampai berita di terbitkan oknum Kepala UPTD / Sekolah di SDN Talang Jembatan SL belum dapat di konfirmasi.(Red).

× Chat Redaksi