Kenali Ciri – Ciri Ijazah Asli Apa Palsu Disini

Caption : Photo Ilustrasi Contoh Ijazah Palsu Sumber Net

Lampung – fajarfokusinfoasi.com – Ijazah adalah dokumen krusial yang membuktikan pencapaian pendidikan seseorang yang dikeluarkan instansi pendidikan.

Namun, dengan maraknya produksi ijazah palsu, penting bagi kita untuk memeriksa keaslian dokumen ini dengan cermat.

Dalam upaya ini, kami akan membagikan cara untuk teknis, memeriksa ijazah asli atau bukan, baik melalui ciri fisik maupun verifikasi online.

Cara Cek Ijazah Asli atau Palsu Mengenali Ciri-Ciri Fisik.

Mengetahui ciri fisik ijazah asli adalah langkah awal untuk memeriksa keaslian dokumen ini. Beberapa ciri fisik yang dapat diamati termasuk:

Jenis Kertas: Ijazah asli umumnya menggunakan kertas tebal yang berbeda dari kertas biasa, diproduksi oleh Perum Peruri.

Hologram Permanen: Keberadaan hologram permanen yang menyatu dengan kertas adalah tanda ijazah asli. Hologram tersebut tidak dapat dilepas.

BACA JUGA:  Berkedok Itu Sumbangan : Oknum Ketua Komite SDN 1 Sinar Ogan " Pungut Uang Dengan Orang Tua Murid /Walinya

Nomor Seri Khusus: Ijazah asli memiliki nomor seri khusus yang hanya diterbitkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan.

Jika dari ciri fisik ini masih dirasa kurang meyakinkan, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi secara online.

Cara Cek Ijazah Asli atau Palsu dengan Verifikasi Online Melalui Situs Resmi
Verifikasi secara online dapat dilakukan melalui beberapa situs resmi seperti Data Kemdikbud, SIVIL Kemdikbud, dan Forlap Riset Dikti.

Berikut adalah langkah- langkahnya:

Data Kemdikbud:

Kunjungi https://nisn.data.kemdikbud.go.id
dan si data yang di minta seperti – NISN
Nama ibu kandung Kode captcha untuk verifikasi Pastikan data yang dimasukkan sudah lengkap dan benar di aplikasi SIVIL Kemdikbud.

BACA JUGA:  Meskipun Dilarang SDN 1 Sinar Ogan Nekat Pungut Uang 200rb Dengan Orang Tua Murid

Hasil Verifikasi Ijazah Asli atau Palsu, jika anda sudah melakukan verifikasi secara online, maka akan keluar hasil verifikasi online, beberapa poin penting yang dapat diketahui:

Jika ijazah palsu atau tidak terdaftar, situs verifikasi akan menampilkan keterangan bahwa data tidak ditemukan.

Jika ijazah terdaftar, situs verifikasi akan menampilkan informasi detail seperti data Nomor Ijazah, dan Tanggal Lulus.

Penting untuk diingat bahwa menggunakan ijazah palsu dapat berakibat serius pada reputasi kita dan kepercayaan pihak publik dan seseorang.

“Oleh karena itu, verifikasi keaslian ijazah adalah langkah penting yang harus dapat dilakukan sebelum menggunakannya untuk keperluan resmi.

Semoga panduan ini dapat bermanfaat dan membantu semua pihak untuk melakukan validasi yang tepat, terhadap ijazah yang mereka miliki dan mencari keaslian nya si Ijazah tersebut (**/Red).

× Chat Redaksi