OPINI  

Terkontaminasi Dugaan Bahaya Laten KKN Masuk Tubuh Dirjen Bina Marga PUPR BPJN PPK 2.5 Perlu Diperiksa

Berita Pekerjaan Kontruksi Kementerian PUPR BPJN Propinsi Lampung Tahun 2022 : Caption: Proyek Pembangunan Jembatan Way Rarem & Preservasi Jalan STA Way Kunang

Lampung Utara||Tak menepis menjadi satu impian,idaman dan harapan masyarakat di Lampung Utara, untuk dapat memperkuat sistem ekonomi ,di perlukan pembangunan infrastruktur yang secara merata ,baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah dengan sendirinya.

Hal ini disampaikan Mintaria Gunadi selaku Ketua Lembaga Pendidikan & Pemantauan Pencegahan Korupsi Republik Indonesia DPC-LP3K-RI Lampung Utara ,” pada hari, Sabtu, 26/11/2022.

Sambung Mintaria Gunadi , pembangunan yang di harapkan masyarakat , merupakan pembangunan bidang infrastruktur jalan , baik jalan nasional,maupun jalan provinsi ataupun jalan daerah.

Dengan dukungan akses infrastruktur yang baik,di yakini perputaran ekonomi produktif masyarakat akan semakin baik.

Namun sayangnya terkadang kepentingan masyarakat membutuhkan pembangunan
acap kali dijadikan objek oleh para oknum, meraih kesempatan memperkaya diri yang menimbulkan kerugian negara khususnya kerugian bagi masyarakat sendiri,”katanya.

Mintaria Gunadi mencontohkan seperti di pelaksanaan pekerjaan Direktorat Jenderal Kementerian Bina Marga PUPR BPJN Prop. Lampung, dalam dua jenis kegiatan yang
mempergunakan sumber dana APBN tahun 2022.Dengan anggaran sangat fantastis mencapai puluhan miliar.

BACA JUGA:  232 - Pemdes - Di Lampung Utara-Makan Tulang & Besi - Imbas DBH 1,08.T - Belum Terbayar

Dua jenis kegiatan tersebut diantaranya:
Pembangunan Jembatan Way Rarem Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang HPS.
Rp. 13.875.800.000.Dikerjakan pemenang tender CV Hendra Cipta Laksana dengan tawaran terendah Rp.11.026.057.918,30.

Kemudian pekerjaan konstruksi Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Terabanggi Besar Bukit Kemuning.

HPS paket Rp14.237.689.000.00,di dalam pelaksanaan lelang di menangkan oleh CV. Abiyan Nata Karya. Berdomisili di Jl.Turi Raya Gg. Kelapa Puan. Tawaran terendah dan terkoreksi : Rp.12.450.793. 273.13. Kontraktor Pelaksana Manggung Pola Karya (MPR).

Dari dua jenis kegiatan tersebut yang kini menjadi sorotan dan perhatian publik yang sangat serius.Pasalnya pada pelaksanaan pekerjaan pada dua jenis kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Timur " Di Adukan AAPD " Ke Lembaga Anti Rasuah KPK RI

Terkontaminasi adanya dugaan bahaya laten Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) masuk pada bagian tubuhnya Dirjen Bina Marga PUPR BPJN Propinsi Lampung,” beber Gunadi.

Fakta ini diperkuat atas hasil penggalian informasi dan dokumentasi pada pekerjaan di dua jenis kegiatan.Yang di dasari oleh pengakuan dan keterangan dari beberapa pihak.

Maka sangat jelas,menjadi catatan buruk Pejabat Pembuat Komitmen PPK.2.5 yang tak mampu mengawasi dan membiarkan pekerjaan-pekerjaan asal jadi.

Sehingga dapat menimbulkan kerugian keuangan negara dan kerugian lain akibat dari pekerjaan tidak memenuhi spesifikasi teknis.

Selanjutnya akan berdampak pada program strategis Presiden Republik Indonesia di 9 sembilan progam nawa cita kepemimpinan Bpk Hi.Ir Joko Widodo.

Oleh sebab itu ” Mintaria Gunadi meminta agar Pejabat Pembuat Komitmen PPK 2.5 segera di periksa oleh pihak berwenang.

Mintaria Gunadi menambahkan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia KPK-RI,Polri dan Jaksa Agung RI.

BACA JUGA:  Camat Sungkai Jaya & LSM Evaluasi Indikator BLM Dari Pemerintah

Untuk dapat turun dan memperhatikan dari dampak akibat dari perbuatan-perbuatan para oknum pejabat,pengusaha/kontaktor.

Pada dua jenis kegiatan pekerjaan yang sedang berjalan di Lampung Utara,lebih baik mencegah dari pada sudah terjadi ,”tukasnya(Tim/Red).

× Chat Redaksi