DAERAH  

Rembuk Stunting Desa Tanjung Imam Kecamatan Blambangan Pagar

Lampung Utara || Giat rembuk stunting stunting Pemerintah Desa Tanjung Iman Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara.” 4/8/2022.

Hadir dalam kegiatan rembuk stunting di Desa tersebut Camat Blambangan Pagar Babinsa,Waka Polsek,Kepala Desa Tanjung Imam.

Kapala Puskesmas Blambangan Pagar , Perangkat Desa,Aparat Desa,Ketua LPM, Ketua BPD, Ibu PKK , Kader Posyandu dan Ibu PAUD .” Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Desa setempat.

Husnul Karomi Camat Blambangan Pagar menjelaskan stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun atau balita.

BACA JUGA:  Pemdes Sri Agung " Kuatkan Sektor Pertanian Membangun Gorong-Gorong Jumbo

Akibat dari kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang.Terutama pada 1000 hari pertama kehidupan anak.”Stunting jangka kedepannya adalah berhubungan dengan kecerdasan.”Katanya.

Lanjut Camat dalam angka stunting di Desa Tanjung Iman menurut Camat perlu di kaji ulang,dengan monitoring langsung semua balita melalui puskesmas dan posyandu yang ada di Desa Tanjung Iman.” Tutupnya.

Sementara di tempat yang sama Kepala Desa Suparjo, menyampaikan dalam hasil musyawarah,beberapa kebijakan dan / atau kebutuhan penurunan stunting.

Hal ini perlu di fasilitasi dengan alat – alat pendukung seperti , timbangan anak balita kemudian makanan bergizi tambahan dan sarana prasarana posyandu.” Singkatnya.

BACA JUGA:  Desa Kembang Gading & Abung Jayo Bangun Desa Menjadi Terang

Dalam kesempatan itu pula Sigit Riyanto
Kapus Blambangan Pagar, mengatakan di dalam intervensi stunting di perlukan hal – hal sebagai berikut.

Menjaga kesehatan di sekitar lingkungan rumah,memakan sayur-sayuran,kemudian rajin cek kesehatan terutama ibu hamil, dan membawa ank ke Posyandu.

Bila ada kondisi anak yang mencurigakan segera lakukan percepatan laporan pada tingkat Desa.

Sehingga di lakukan upaya pencegahan pada anak yang akan berisiko dengan stunting,nah itulah cara-cara mencegah terjadinya stunting pada pertumbuhan anak di usia mulai dari kandungan hingga balita sampai usia 5 Tahun,” tutupnya. (Suhaili – Vijay)

BACA JUGA:  Musrenbangdes Merupakan Syarat Tertib Administrasi Pelaksana Pemanfaatan Dana Desa
× Chat Redaksi