Pemkab Lampung Utara Berikan Bantuan Bencana Kebakaran

Caption : Penyerahan Bantuan Bupati & Wakil Bupati Di Wakili Kadis Sos & Kadis Kominfo Lampung Utara

fajarfokusinformasi.com-Bupati dan wakil bupati Lampung Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Gadriyanto Abung .S. Stp.,dan Kepala Dinas Kominfo Gunaido Uthama.S.SIP.MH bersama dengan segenap para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan kunjungan ke lokasi dua peristiwa kebakaran dengan waktu hampir bersamaan terjadi (21/3/24)

Peristiwa terjadi pada Selasa, 19 Maret 2024 malam hari tepatnya di Desa Bumi Agung Marga Kecamatan Abung Timur dan pada Rabu, 20 Maret 2024 terjadi di Desa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja.

Kedua peristiwa kebakaran tersebut dapat menimbulkan kerugian material yang cukup besar, salah satunya melebar ke sebuah rumah milik warga yang mengidap penyakit epilepsi dan mengakibatkan satu orang menjadi korban jiwa, Acih,seorang wanita paruh baya berusia 60 tahun.

Berdasarkan peristiwa ini menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Maspardan dan Pelayanan (DPKP) Lampung Utara, Sari Husin, menyatakan bahwa dalam kejadian tersebut, pihaknya langsung mengirimkan satu unit armada pemadam kebakaran beserta petugas dan peralatan pendukung untuk memadamkan api dan meminimalkan kerugian yang terjadi.

BACA JUGA:  Pemkab Lampung Utara Apresiasi Kinerja Polres Lampung Utara Memberantas Perjudian

“Namun, sayangnya satu korban jiwa tidak dapat diselamatkan. Berdasarkan adanya informasi yang diperoleh, kebakaran pertama terjadi karena sebuah putung rokok yang dibuang secara sembarangan dan menjalar ke sisi rumah hingga membesar dan merusak bagian dalam rumah. Namun, penyebab pasti kebakaran kedua ini masih dalam penyelidikan.

Kepala Desa Sindang Agung, Ahmad Rizal, menyampaikan bahwa kebakaran terjadi pada pukul 03.00 WIB dini hari menjelang sahur. Sang anak Ibu Acih yang hendak membangunkan sang ibu untuk sahur terkejut saat menyadari bahwa rumah sang ibu sudah terbakar. Kronologis kejadian berupa kambuhnya penyakit epilepsi sang korban saat api merajalela dan membuatnya tidak dapat menyelamatkan diri.

Menurut Kepala Dinas Sosial Gadriyanto Abung, kondisi korban meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran tersebut cukup mengkhawatirkan. Hal ini mendorong pihaknya untuk segera mengambil tindakan nyata dalam memperkuat posko-posko penyelamatan di seluruh Kabupaten Lampung Utara. Bentuk konkretnya adalah meningkatkan jumlah personel pemadam kebakaran, posko-posko penyelamatan, dan alat yang lebih efektif guna mengatasi peristiwa-peristiwa yang sama di kemudian hari.

BACA JUGA:  Pelepasan : Purna Bakti Jabatan - Bupati Lampung Utara " Takzim " Jasanya

Atas Peristiwa musibah ini Pemerintah kabupaten Lampung Utara Bupati Hi. Budi Utomo dan Wakil Bupati Hi. Ardian Saputra. SH. melalui Kepala Dinas Sosial Gadriianto Abung yg Didampingi Kepala Dinas Kominfo. Gunaido Hutama. S. SIP. MH. Memberikan Tali asih bantuan Kepada Korban Bencana Kebakaran tersebut.

Kadis Kominfo Gunaido Hutama S. SIP. MH, menghimbau Upaya pencegahan terhadap terulangnya peristiwa kebakaran masih terus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah memberikan himbauan terkait bahaya kebakaran dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menemukan tanda-tanda kebakaran yang terjadi di sekitar lingkungan warga.

” Dalam situasi genting seperti ini, peran serta masyarakat penting dalam membantu pihak pemadam kebakaran dan melindungi satu sama lain dari bahaya kebakaran,” Pungkasnya.

BACA JUGA:  Setdakab Mewakili Bupati Lampung Utara Melantik Eselon III & IV

Gadrianto mengatakan Kejadian ini menjadi momentum bagi masyarakat Kabupaten Lampung Utara untuk lebih waspada dan memperhatikan faktor-faktor yang dapat memicu kebakaran, serta meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah kebakaran yang bisa mengancam keselamatan warga sekitar.” Di sisi lain, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons cepat dalam mengatasi peristiwa-peristiwa yang dapat merugikan masyarakat,” Ujarnya. (Order/ADV)

× Chat Redaksi