EKOBIS  

Dongkrak Perekonomian Warga:Camat Pasilambena Gagas Ragam Inovasi

Berita Ekobis : Kabupaten Selayar - Sulsel : Photo Rakor Disperindag & Camat

Selayar Sulsel ||Gebrakan yang disertai dengan inovasi dan kebijakan terus di inisiasi dan digagas Camat Pasilambena, Kabupaten Selayar Sulawesi Sulawesi Selatan, Andi Irwan, S.Pd., MM.

Inovasi tersebut dituangkan dalam salah satunya lewat persiapan pengoperasian bangunan pasar Kawau.

Tepatnya di Desa Garaupa dan di yakini akan mampu mendongkrak pasar ekonomi dan taraf hidup demi kesejahteraan rakyat dalam pemulihan ekonomi pasca covid 19.

Camat Pasilambena, Andi Irwan menyebut, rapat koordinasi (Rakor) antara Dinas perindustrian dan perdagangan dengan jajaran Pemerintah Kecamatan Pasilambena yang telah digelar guna membahas rencana persiapan pengoperasian Pasar Kawau.

BACA JUGA:  Disinyalir Langgar MoU PT Ascana Mulia Mandiri Pada Pengelolaan Parkir"Akan Di Wanprestasi RSUD Ryacudu Kotabumi

Sebelumnya, pemerintah kecamatan yang dibantu oleh aparat pemerintah desa dan warga masyarakat, telah bahu membahu melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan di sekitar lokasi pasar.

Pasar Kawau disebutnya sebagai cikal bakal pusat perniagaan dan transaksi ekonomi khusus, bagi kapal angkutan barang dan penumpang, terutama untuk kapal kapal nelayan dari Sultra serta NTT yang hampir setiap saat melintas bahkan singgah bersandar di Pelabuhan Kawau.

Pasar Kawau akan dioperasikan secara resmi pada setiap hari Sabtu dan Minggu di medio bulan Desember 2022, bersamaan dengan jadwal kedatangan kapal tol laut, Sabuk Nusantara dan kapal ferry KMP. Takabonerate.

BACA JUGA:  POKDARWIS : Launching Perdana Pembukaan Taman Wisata Way Tebabeng

Selain rencana pengoperasian pasar dan akan peningkatan status pelabuhan Kawau sebagai pelabuhan lokal untuk bisa di jadikan Pelabuhan Pengumpan.

Hal itu diutarakan oleh Andi Irwan dengan mendasari kebijakan RPJMD Sulawesi Selatan dan kecenderungan menjadikan kopra sebagai salah satu potensi serta daya tarik bagi pengusaha asal Surabaya ataupun Jakarta.

“Untuk singgah dan berdagang kebutuhan pasokan sembako, maupun material bahan bangunan di wilayah Pulau Kalao Toa..

BACA JUGA:  Marno Sebut : Ditawarin Oleh Waka Polda Minyak Industri " Saya Tetap Memilih Harga BBM 10 Ribu Dari Pengencer

Lalu pulang mengangkut berbagai bentuk hasil bumi, termasuk kopra. Pernyataan ini diutarakan oleh Andi Irwan kepada wartawan, hari, Minggu, (11/12) sore. (Andi Fadly)

× Chat Redaksi