DAERAH  

Camat Abung Tinggi Saksikan Pembagian Hewan Ternak Kambing Dari Dana Desa 20%

Lampung Utara||Wujudkan pengembangan dan kesejahteraan ekonomi di masyarakat pedesaan, dalam rangka pulihkan ekonomi pasca pandemi covid’19.

Hal ini merupakan dorongan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta pemerintah desa.

Melalui program Dana Desa (DD) 20% dari pagu anggaran, sumber dana APBN /APBD/ APBDes tahun anggaran 2022 di wajibkan memenuhi kebutuhan pertahanan pangan dan hewani.

Dari dasar instrumen tersebut pemerintah desa muara dua kecamatan abung tinggi kabupaten lampung utara.

Telah mempergunakan DD 20 % dengan sempurna di peruntukkan belanja desa ke hewan ternak peliharaan berupa kambing.

Dengan jumlah 22 ekor yang di bagikan dengan kelompok swadaya masyarakat (KSM).Kegiatan tersebut terlaksana di kantor desa setempat ,” Senin,30/5/2022

Sebelum di laksanakan penyerahan kepada penerima terlebih dahulu diberi penyuluhan di aula kantor desa muara dua, hadir dalam kegiatan tersebut Camat Hj.Megarani, Abi dr.Hewan, Pendamping Desa, Azhari Selaku BPD, dan para penerima bantuan kambing desa muara dua.

Pada kesempatan kegiatan tersebut kepala desa muara dua Zamzami menyampaikan, bahwa dana desa tahun anggaran 2022 yang notabenenya di gunakan pada bidang pertahanan sandang pangan dan hewani.

BACA JUGA:  Rudi Fadli Tak Dapat Menolak SK DPP APDESI

Atas kebijakan ini merupakan atas hasil musyawarah secara bersama pemerintah desa mempergunakan dana tersebut ke dua item kegiatan , berupa belanja hewan ternak (kambing) , kemudian pembibitan ikan ,”katanya.

Zamzami menambahkan dengan harapan bantuan kambing ini dapat di rawat hingga dapat bergulir kepada masyarakat yang lainnya.

Dengan ketentuan dalam jangka waktu tiga tahun dan mudah mudahan dengan adanya bantuan ini semoga dapat bermanfaat dan dapat menunjang ekonomi di masyarakat desa muara dua,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama camat abung tinggi Megarani”Mengatakan terimakasih
atas kebijakan pemerintah desa muara dua yang telah dapat melaksanakan DD 20 %,” ujarnya.

Kemudian Megarani juga menambahkan bahwa dana desa bukan semerta-merta untuk pembangunan infrastruktur jalan saja.

Namun tidak kalah penting lagi dana desa sesuai kebutuhan desa, untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Seperti kegiatan hari ini,masyarakat yang secara langsung ,dapat merasakan azaz manfaat dalam penggunaan DD pada tahun 2022 ini,” tanggapnya.

BACA JUGA:  Rembuk Stunting Desa Tanjung Imam Kecamatan Blambangan Pagar

Megarani juga berharap, supaya bantuan kambing ini dapat berkelanjutan dan dapat bergulir kembali, jangan sampai baru saja di terima sudah ada laporan hilang atau mati , tak tahunya di jual,”ucapnya.

Kemudian lanjut Megarani,ia minta kepada masyarakat agar ikut serta memperhatikan dana desa yang di berikan oleh pemerintah pusat melalui kepala desa, jangan sampai dana desa tidak tepat sasaran,” tandasnya.

Demikian pula di sampaikan pendamping desa Yanda,desa muara sudah realisasikan dana desa yang telah tertuang di APBDes di bidang pertahanan pangan dan hewani sebesar 20% dari nilai pagu anggaran dana desa yang di terima ,” katanya.

Kami pendamping desa memberi apresiasi kepada kepala desa,karena baru satu desa di kecamatan Abung Tinggi melaksanakan kegiatan seperti ini,” sebutnya.

Sementara Abi selaku dr. Hewan pun ikut berkomentar mengatakan bahwa kambing yang di berikan pada hari ini di nyatakan dalam keadaan sehat semua.

BACA JUGA:  Desa Kembang Gading & Abung Jayo Bangun Desa Menjadi Terang

Semoga tidak ada kendala apapun dan dapat di pelihara oleh masyarakat dengan baik,” ucapnya.

Dilanjutkan perwakilan masyarakat Azhari selaku BPD mensuport,semua program pemerintah desa muara dua yang mana apa telah di laksanakan pada hari ini, berupa pemberian hewan ternak bantuan kambing kepada masyarakat.

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan insyaallah nanti ada juga pemberian bibit ikan,namun masih menunggu dana termin kedua,” tutupnya.

Selanjutnya usai kegiatan tersebut kepala desa muara dua Zamzami, mengenalkan pada ibu camat dan serombongan, wisata koliner Cafe Jaya Abadi, yang ada di desa muara dua,” (Yandi/Red).

× Chat Redaksi