Bupati Lampung Utara Terima Kunjungan Tim Satgasus Mabes Polri

Lampung Utara||Memaksimalkan rialisasi Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pangan dan Minyak Goreng di pertengahan Ramadhan Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E.,M.M.

“Menerima kunjungan tim Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Polri ,di rumah Dinas Jabatan Bupati.

Turut hadir di dalam pertemuan tersebut jajaran pejabat Eselon II Pemerintah Daerah Lampung Utara ,pada hari, Rabu, 20/4/2022.

Pada kesempatan kunjungan Tim Satgasus Mabes Polri yang di pimpin oleh Dr.Hotman Tambunan,dalam bentuk pengawasan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dengan tujuan agar rialisasi penggunaan dana dapat terlaksana sesuai dengan apa yang telah di rencanakan dan tentunya juga dapat sesuai dengan peruntukannya,”kata Dr.Hotman Tambunan.

Lalu di lanjutkan Hotman,di ketahui bahwa Kabupaten Lampung Utara telah mendapat dana PEN,maka dalam hal ini perlu adanya pengawasan dan ini atensi langsung dari Kapolri,”sebutnya.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Utara Ikuti Memperingati Nuzul Qur'an Seca Virtual

Kemudian dalam rialisasi dana PEN yang merupakan dana darurat situasi keadaan pandemi covid’19 dengan maksud dana PEN yang seyogianya harus di nikmati masyarakat,” ujarnya.

Hotman menambahkan pandemi covid’19 sudah membawa penderitaan dan banyak mengorbankan kehidupan sosial, ekonomi bagi masyarakat.

Oleh sebab itu bilamana dana PEN tidak di pergunakan semaksimalnya mungkin dan berpotensi merugikan masyarakat , maka sangat tidak manusiawi bila ada indikasi dana PEN ini diselewengkan,” ungkap Dr. Hotman Tambunan kepada wartawan usai acara pertemuan.

Masih menurut Hotman kita berharap pada keadaan pandemi Covid’19 dapat membaik dan tidak terulang lagi situasi yang seperti ini kembali.

Namun terkait pembiayaan dana PEN dan dana penanganan covid’19 yang masih berlangsung hingga saat ini agar dapat di gunakan sesuai dengan peruntukannya.

Pengawasan PEN sendiri, dilakukan secara berjenjang melibatkan unsur Polri di mulai dari Polres, Polda dan Mabes Polri.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Lampung Utara Menyerahkan SK Kepada 891 Pengangkatan P3K Tahun 2021

“Untuk pengawasannya juga kami turun langsung ke Masyarakat melihat sejauh mana realisasinya penggunaan dana dan manfaat pada khususnya,dari hulu sampai hilir, kemudian kembali lagi ke hilir untuk melihat sesuai atau tidak dengan semua faktanya,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang tidak terpisah H. Budi Utomo , menyampaikan ucapan rasa terimakasih atas kunjungan Tim Satgasus Mabes Polri, tentunya dari pertemuan ini, merupakan langkah terbaik untuk dapat meminalisir dan mempersempit ruang akan terjadi penyelewengan dana,” ucap Bupati.

Sejauh ini dalam laporan realisasi sumber anggaran dana PEM cukup baik, bahkan di beberapa kegiatan telah di lihat , di cek , di awasi secara ketat dan telah di laksanakan Provisional Hand Over (PHO),” ujar Bupati.

Budi Utomo menambahkan,laporan yang di maksud,atas laporan Kepala Dinas PUPR dengan sendirinya, kemudian Budi Utomo juga menjelaskan dalam kegiatan dana PEN yang sudah selesai 31 Paket dari 48 Paket, sementara 1 paket gagal.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Lampung Utara Hadiri Kegiatan IKAPA & IKS Gelar Bakti Sosial

Lalu sisanya masih pada tahap pengerjaan dan penyelesaian,ada beberapa paket yang sedang di kerjakan adalah pembangunan Jembatan dan proses pekerjaan memakan waktu cukup lama,”Jelas Bupati (By Order).

× Chat Redaksi