BERITA  

Bupati Lampung Utara: Mengikuti Rakornas Intern Tahun 2023

Caption: Kegiatan Berlangsung Sumber Photo Diskominfo

Lampung Utara || Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo,SE.,MM Mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKORNAS) Pengawasan Intern tahun 2023 secara virtual di rumah dinas Bupati, Rabu, 14 Juni 2023.

Dalam kegiatan RAKORNAS secara virtual selain Bupati Lampung Utara H.Budi Utomo di dampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi, Kadarsyah, Kepala Dinas Pendidikan Sukatno, Asisten ini Bidang Kesra, Ahmad Alamsyah.

RAKORNAS Pengawasan intern tahun 2023 secara virtual digelar Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP) dengan tujuan pada kegiatan ini mengawal akuntabilitas keuangan negara.

BACA JUGA:  Kondisi Jembatan Pasca Banjir - Belum Diperbaiki Caleg DPRD Dapil 7 Partai Demokrat Sikapi Keluhan Warga

Acara tersebut dibuka Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo serta dihadiri jajaran Menteri bersama segenap Kepala Pemerintahan. Dengan tema yang diangkat dalam Rakornas Pengawasan Intern 2023, “Kawal Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi”.

Kepala BPKP RI Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan laporannya terkait pengawasan dan akuntabilitas keuangan negara.

Sementara Presiden Jokowi dalam arahannya meminta Pemerintah Daerah agar dapat melaksanakan rekomendasi yang diberikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

“Menurut audit internal yang dilakukan oleh BPKP hasilnya level 1 ada 85% dan level 2 ada 14%. Apa artinya level 1 ada 85%. Menerima laporan ini membuat saya sangat heran. Karena angkanya masih sangat signifikan, hal ini menandakan bahwa sistem pengendalian intern belum mampu menjamin good governance dan pencegahan korupsi Presiden Jokowi menyatakan bahwa data dalam laporan tersebut semuanya akurat dan semua pihak harus berupaya keras,” ujar Presiden.

BACA JUGA:  Ka. Kejari Respon Cepat dan Sambut Baik Audiensi DPC PWDPI Metro

Bupati Lampung Utara Budi Utomo menyambut baik rakornas pengawasan interen tersebut, sebab dapat meningkatkan akuntabilitas keuangan negara. Khususnya dikelola pemerintah daerah, sehingga berdampak dalam pembangunan.

“Akan kita laksanakan arahan Presiden di sini, mudah-mudahan pengelolaan keuangan kita dapat lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya.

Pengawasan Intern adalah pengawasan dari dalam lingkungan sendiri yang mencakup dua jenis pengawasan, yaitu pengawasan melekat dan pengawasan fungsional.(*/Red).

× Chat Redaksi