SOSBUD  

Bupati Lampung Utara : Hadiri Acara Gawi Adat Buai Suku Berangai Penagan Ratu

Berita Sosial Budaya : Adat Lampung Pepadun : Caption " Bupati Lampung Utara Sumber Tim Redaksi.

Lampung Utara || Hi.Budi Utomo – Bupati Lampung Utara di dampingi Ketua TP-PKK Hj.Nur Endah Sulastri,menghadiri gawi sini adat budaya Lampung Pepadun tepatnya di Desa/Kampung Penagan Ratu , Kabupaten Lampung Utara , 25 Desember 2022.

Dikesempatan tersebut di sampaikan oleh Bupati bahwasanya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara dan a.n keluarga ,sangat mengapresiasi terlaksana Gawi/Upacara seni adat budaya Lampung, yang telah terlaksana,di Kampung Penagan Ratu.

Bupati menambahkan sebagai harapannya
agar tetap di lestarikan seni-seni budaya Lampung dan terus dipromosikan hingga dapat sampai di manca negara , dalam arti lain untuk memperkenalkan kekayaan seni budaya Lampung.

Pangeran Rajo Guntur Margo

BACA JUGA:  Jelang Hari Jadi Humas Polri : Humas Polda Lampung Giat Bakti Sosial

Senada disampaikan Pangeran Rajo Guntur Margo , menurutnya Begawi adalah proses pengambilan gelar (nama) kebesaran pada kedudukan tahta tertinggi di dalam hukum adat pada satu keturunan keluarga.

Kedudukan ini akan menduduki kedudukan dari sejarah,puyang atau leluhur, sehingga hukum adat Pepadun masih mengikat dan sakral,menjadi kebanggaan kita tersendiri untuk masyarakat Lampung.

Dalam kesempatan itu pula di jelaskan oleh Pangeran Rajo Guntur Margo salah satunya keturunan Buai Suku Berangai, pada pagi hari ini,melaksanakan prosesi upacara adat turun mandiri.

Pada prosesi turun mandi ini dalam hukum adat,merupakan pembersihan hati dan jiwa bagi yang akan mendapatkan gelar.

Sementara di kegiatan upacara kali ini ada 9 (sembilan) nama di nobatkan sebagai Glr. Pangeran dan 12 (dua belas) orang akan di nobatkan Glr. Suttan.

BACA JUGA:  Peduli Kelestarian Lingkungan Hidup Masyarakat Berswadaya Menabur Benih Ikan & Tanam Bibit Alpukat

Harapan Pangeran Rajo Guntur Margo pada kesempatan itu,agar adat budaya Lampung terus dapat di lestarikan, sebagai nilai ciri khas tersendiri, kebesaran Indonesia yang sangat kaya raya adat budaya.

Taufik Glr Suttan Pangeran Lunas Margo Kepala Desa Penagan

Hal senada disampaikan oleh Taufik Gelar Suttan Pangeran Lunas Margo Kepala Desa Penagan Ratu, mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan upacara adat Buai Suku Berangai, dari acara demi acara dan tatib admistrasi alhamdulilah , selesai semua.

Tujuan dari kegiatan ini merupakan untuk dapat selalu menjaga kelestarian dari adat budaya Lampung dan menjadikannya satu kebersamaan , sehingga senantiasa selalu terbangun satu persatuan yang kokoh dan akan terus semakin kuat membangun seni budaya Lampung.(Redaksi).

BACA JUGA:  Warga Desa Pracak Satu Oku Timur//Laksanakan Salat Idul Adha 1443-H & Potong Qurban
× Chat Redaksi