Berkedok Itu Sumbangan : Oknum Ketua Komite SDN 1 Sinar Ogan ” Pungut Uang Dengan Orang Tua Murid /Walinya

Berita Edukasi (Pendidikan) Oknum Ketua Komite Pungut Uang 200 rb Dengan Orang Tua Murid/Walinya Berkedok Sumbangan: Caption: Photo Ketua Komite SDN 1 Sinar Ogan Bernama Erwin

Lampung Utara||Ketua Komite SDN 1 Sinar Ogan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Menarik pungutan uang berkedok sumbangan orang tua/walinya.

Hal tersebut di akui oleh Ketua Komite SDN 1 Sinar Ogan bernama Erwin bahwa benar, ada sumbangan orang tua murid sebesar Rp200 ribu ,untuk merehab gedung , tapi itu bukan pungutan ,” kata Ketua Komite saat di konfirmasi, pada hari ,Minggu,27 Nov 2022 di kediamannya.

Ketua Komite juga mengakui bahwa tidak ada urusan pihak Kepala Sekolah,itu murni keputusan dari hasil musyawarah bersama dengan orang tua/wal murid,” imbuh dia.

Berbeda dengan keterangan orang tua/wali murid yang sebelumnya,menurut laporan orang tua /wali murid bahwasanya tarikan uang 200 ribu itu terkesan pemaksaan dan kami sangat keberatan ,” urainya puluhan orang tua murid dalam surat pernyataan tertulis.

BACA JUGA:  K-UPTD & Komite SDN 2 Bukit Kemuning Disinyalir Telah Melangkahi Permendikbud

Menyikapi terkait pungutan yang berkedok sumbangan M. Gunadi . Ketua Lembaga Pendidikan dan Pemantauan Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (DPC-LP3K-RI) Lampung Utara, angkat bicara.

Menurut Mintaria Gunadi sesuai dengan Permendikbud No 75 Tahun 2016 tentang Komite.Pasal 10 ayat (1) dijelaskan di dalam tugas Komite Sekolah.

“Boleh melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya , untuk melaksanakan fungsinya dalam dukungan terhadap tenaga , sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.

Lalu pada pasal 10 ayat (2) menyebutkan bahwa penggalangan dana di hasilkan dan sumber daya pendidikan lainnya , secara luas penjabaran, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berbentuk bantuan dan/atau sumbangan, bukan pungutan,dan tidak ada unsur tekanan paksaan.

BACA JUGA:  SMAN 1 BK Lampung Utara " Haidir Yusuf " Siapkan PPDB Tahun Ajaran Baru 2023-2024

Kemudian yang dimaksud dengan bantuan Pendidikan adalah pemberian berupa uang/ barang/jasa oleh pemangku kepentingan di satuan pendidikan di luar dari peserta didik atau orang tua/walinya.

Arti di dalam sumbangan bersifat secara sukarela dan tidak mengikat.Sebagaimana di sebutkan pada Pasal 12 huruf b,komite sekolah,baik perseorangan atau kolektif dilarang,melakukan pungutan dari peserta didik atau orang tua/walinya,”sebut M Gunadi.

Maka dapat di simpulkan jelas M.Gunadi, atas perbuatan Komite SDN 1 Sinar Ogan tersebut terindikasi di duga melanggar beberapa Pasal ketentuan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite.

BACA JUGA:  Hari Adyaksa Ke 62 Kejari Lampung Utara Mengadakan Seminar Hukum "Restoratif Justice"

Berbagai alasan argumentasi Ketua Komite dengan media, jelas perbuatan di maksud melampaui dari hak kewajiban Komite dan mengarah kepada unsur pidana, dapat di duga Pungutan Liar (PUNGLI) ,” tandas M.Gunadi.(Tim/Khusus)

× Chat Redaksi